Cara Membuka Kunci Pintu yang Patah dan Kunci Master

Mungkin, kita pernah menghadapi masalah yang cukup mengkhawatirkan di mana kunci yang dimasukkan dalam lubangnya tiba-tiba saja patah. Kunci yang patah tentu tidak akan dapat dibuka karena separuh bagiannya berada dalam lubang kunci. Tak jarang kita akan panik saat mengalami hal ini dan langsung meminta bantuan orang lain. Atau, bisa jadi kita akan melakukan hal-hal ekstrem seperti menghancurkan kunci. Sebenarnya, ada beberapa cara membuka kunci pintu yang patah. Sebelum melakukan hal-hal ekstrem yang belum tentu berhasil, kita bisa menggunakan cara-cara di bawah ini terlebih dahulu. Beberapa alat sederhana ternyata dapat digunakan untuk mencungkil kunci yang tertanam separuh dalam lubangnya.
Cara Membuka Kunci Pintu yang Patah
foto : systemed.fr
Kita dapat menggunakan ujung guntung untuk mencungkil kunci. Kemudian, setelah berhasil dicungkil, terapkan cara menyambung kunci yang patah agar kunci dapat digunakan kembali. Atau bisa juga dengan menggunakan kunci cadangan yang tidak patah agar pintu dapat terbuka. Selain dengan gunting, kita juga bisa memanfaatkan pinset. Jika ternyata cara ini cukup susah, maka kita bisa mencoba membongkar terlebih dahulu lapisan depan pintu menggunakan obeng. Setelah itu barulah kita bisa mencungkil kunci yang patah di dalam lubangnya. Pembongkaran ini tidak harus dilakukan dan hanya diperlukan apabila kunci tertanam dalam. Jika cara ini tetap tidak berhasil, barulah kita menghubungi tukang kunci terdekat.

Kunci yang rapuh dan patah sendiri dapat diakibatkan karena penggunaan kunci yang terlalu sering sehingga kualitas logam pada kunci makin memburuk. Patahnya kunci sebenarnya dapat diakali apabila kita masih memiliki kunci cadangan ataupun dapat menerapkan cara membuka pintu rumah yg terkunci dari dalam. Namun kunci yang tertinggal dalam lubang kunci tentu akan jadi masalah baru. Sebelum memanggil tukang hanya untuk membongkar serta mengeluarkan patahan kunci, kita juga bisa menggunakan pinset ataupun lem dalam mengatasi masalah ini. Triknya ternyata cukup sederhana saja. Pertama adalah dengan menggunakan pinset, di mana kita harus menjepit patahan kunci secara hati-hati dan tarik perlahan sampai keluar.

Jika cara menggunakan pinset ini tetap tidak berhasil, maka kita bisa menggunakan lem. Lem yang digunakan adalah lem super seperti Alteko atau sejenisnya. Caranya adalah dengan merekatkan kunci seperti semula. Langkah-langkahnya ialah dengan mengoleskan lem di patahan kunci yang dipegang. Jangan terlalu banyak mengoleskannya, secukupnya saja. Tempelkan kunci dengan patahan yang ada dalam lubang kunci dan pastikan posisinya sama seperti kondisi kunci semula. Biarkan beberapa waktu agar kunci dipastikan menempel kuat, setelah itu barulah keluarkan kunci perlahan. Cara ini juga dapat digunakan sebagai cara mengeluarkan kunci mobil yang patah atau kunci apapun.

Selain kedua cara tersebut, masih ada beberapa cara mengakali kunci rumah tidak bisa diputar lainnya. Cara-cara di bawah ini juga dapat digunakan untuk membuka kunci master yang sulit terbuka. Cara pertama adalah dengan mendobrak kunci. Cara ini bahkan terbilang sebagai cara terbaik dalam menghadapi kunci master atau kunci yang patah. Belilah kunci 999 dari tukang kunci, namun kita harus berhati-hati karena mungkin akan dicurigai apabila meminta kunci 999. Gunakan juga alat kikir segitiga. Di luar sana mungkin memang akan terdapat alat yang bisa membuka kunci, namun mungkin kita sendiri tidak memilikinya di dalam rumah.

Cara mencabut kunci yang tidak bisa dicabut karena patah selanjutnya adalah dengan menghancurkan kunci tersebut. Cara seperti ini hanya akan bekerja apabila yang kita hadapi ialah kunci murah. Gunakan palu besar karena pukulan keras akan dapat membuka kunci yang tengah dalam kondisi tertutup. Tak ada salahnya mencoba cara ini walau tidak berlaku untuk semua jenis kunci. Selain itu, apabila kita memaksa menghancurkan kunci yang berada di pintu kayu, maka besar kemungkinan kita justru akan menghancurkan pintu tersebut terlebih dahulu sebelum kunci terbuka. Alat lain yang dapat digunakan adalah bor listrik. Bor bisa masuk secara tepat ke dalam bagian tengah kunci. Cara ini harus dilakukan secara berhati-hati karena apabila tidak, maka kunci justru tidak akan dapat terbuka lagi.

Gergaji listrik juga dapat digunakan karena akan membelah kunci tersebut. Benda ini terbilang efektif, hanya saja ingat untuk gunakan pelindung mata saat memotong badan kuncinya. Kita juga dapat menggunakan pemotong baut. Alat ini digunakan pada pengait. Jika kunci terhubung pada kabel, maka potong kabelnya dan bukan kuncinya. Potong bagian pengait apabila kita hendak mencoba membelah kunci tersebut. Hal ini kerap takkan dapat dilakukan pada kunci yang materialnya besi keras. Solusi kunci mobil patah juga dapat menggunakan tang. Tang akan dapat berfungsi jika celah pada lubang kunci cukup besar sehingga benda ini bisa dimasukkan. Untuk gembok yang lebih besar, kemungkinan akan dapat digunakan jack mobil.

Yang terpenting dalam cara membuka kunci yang patah ini adalah dengan tidak menggunakan senapan. Walau kemungkinan kita akan dapat membuka kunci menggunakan senapan bertenaga tinggi, namun bisa jadi kita justru akan terkena beberapa bagian dari besi yang terlempar. Hal ini juga telah dibuktikan oleh Mythbusters, di mana mereka menggunakan aneka jenis senapan, mulai dari ukuran kaliber 9 mm, 357 magnum, M1 Garand hingga shotgun. Semuanya tidak berfungsi sama sekali. Selain itu, kita atau orang-orang yang ada di sekitar kita justru bisa mendapat akibat fatal dari potongan-potongan besi yang terlempar maupun pantulan peluru itu sendiri.

Cara menyambung kunci motor yang patah memang mudah karena bisa menggunakan lem super. Akan tetapi mengeluarkan kunci yang tertanam separuhnya dalam lubang kunci jelas akan membutuhkan alat bantu. Alat bantu ini sendiri ternyata bisa kita buat sendiri menggunakan botol aluminium.  Kerjakan dengan teliti agar kita bisa membuka kunci kembali secara utuh. Hal ini mungkin tidak akan berguna apabila kunci tersebut adalah kunci berkualitas tinggi. Menggunakan alat bantu buatan sendiri hanya akan dapat digunakan pada kunci yang murah. Namun cara ini tetap layak dicoba karena memiliki kemungkinan keberhasilan yang tinggi, terutama pada kunci-kunci yang murah serta tidak terlalu canggih.

Demikian adalah beberapa cara membuka kunci pintu yang patah, mulai dari cara sederhana seperti menggunakan pinset hingga cara yang cukup ekstrem yaitu mendobrak dan menghancurkan kunci. Cara-cara pencegahan lebih tepat dilakukan sehingga kita tidak perlu khawatir akan kunci yang patah saat digunakan. Mengingat faktor patahnya kunci ialah karena sudah terlalu sering digunakan, maka gunakan kunci cadangan secara bergantian dengan kunci utamanya. Ini bertujuan agar kunci tidak cepat aus dan mudah patah. Selain itu, selalu siapkan kunci cadangan yang berfungsi dengan baik agar dapat digunakan jika kunci utama rusak. Kita juga bisa memesan kunci cadangan sendiri di tukang kunci apabila memang kunci utamanya tidak dilengkapi cadangan.

Post a Comment for "Cara Membuka Kunci Pintu yang Patah dan Kunci Master"