Cara Membersihkan Lantai Granit agar Tetap Mengkilap

Lantai merupakan unsur yang penting bagi setiap rumah. Selain menjadi tempat berpijak yang nyaman, lantai bisa menambah nilai estetika dari sebuah rumah. Sehingga, lantai yang berkualitas tidaklah cukup. Lantai rumah harus memiliki visual atau tampilan yang indah. Jika menginginkan lantai dengan tampilan yang indah, maka lantai granit adalah jawabannya. Lantai granit memiliki beragam warna dan motif yang bisa mempercantik tampilan rumah. Lantai granit yang mengkilap bisa menciptakan kesan elegan dan mewah di hunian. Namun, jenis lantai yang satu ini membutuhkan perawatan yang ekstra supaya tampilannya selalu mengkilap dan tidak kusam. Ada banyak cara membersihkan lantai granit, mulai dari menggunakan cairan pembersih granit tile, menggosok granit, dan lain sebagainya.
Cara Membersihkan Lantai Granit
foto:pusatmarmergranit.com
Di bawah ini ada beberapa cara membersihkan lantai granit yang baru dipasang supaya warnanya tidak mudah pudar dan kusam.
cara menghilangkan goresan pada granit
foto:suppliergranit.com
Lakukan Pembersihan secara Rutin
Membersihkan lantai granit kumpulan tips secara rutin adalah langkah yang penting untuk menjaga kecerahan warna lantai granit. Sehingga, lantai granit perlu dibersihkan secara rutin setiap hari. Pembersihan lantai granit dapat dilakukan dengan cara mengepel lantai granit dengan air atau obat pengkilap granit. Jangan membersihkan lantai granit dengan sembarang cairan pembersih lantai karena bahan kimia pada cairan pembersih lantai bisa memudarkan warna dan motif pada lantai granit. Selain menjaga lantai granit supaya tetap mengkilap, pembersihan secara rutin dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kehigienisan lantai granit.

Lakukan Pembersihan Khusus Setiap Minggu
Pembersihan lantai granit yang dilakukan setiap hari tidaklah cukup. Lantai granit harus dibersihkan secara khusus dan menyeluruh setiap satu minggu sekali supaya tetap mengkilap. Lantai granit yang mengkilap tentu saja menambah keindahan rumah. Pembersihan khusus lantai granit dilakukan dengan cara mengepel lantai granit dengan air sumur. Air sumur yang berasal dari dalam tanah tidak mengandung klorin, kaporit, atau mineral seperti air keran. Sehingga, lantai granit terbebas dari paparan bahan kimia. Kemudian, bersihkan lantai granit dengan cairan pengkilap lantai granit untuk menjaga kecerahan warna dan kilau lantai granit.

Bersihkan Noda yang Menempel pada Lantai Granit
Lantai merupakan bagian rumah yang rawan terkena noda. Noda tersebut berasal dari pijakan kaki, tetesan cairan, atau kotoran lainnya. Noda yang menempel pada lantai granit bisa dibersihkan dengan sempurna dengan pembersih lantai granit yang bagus. Selain itu, ada dua bahan lagi yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan lantai granit yang ternoda, yaitu baking soda dan sabun pencuci piring.

Cara membersihkan lantai granit yang kusam dan ternoda dengan baking soda dilakukan dengan cara membuat pasta baking soda. Caranya adalah mencampurkan baking soda dan air dengan perbandingan 2:1. Kemudian, oleskan pasta baking soda pada noda yang menempel di lantai granit. Diamkan pasta baking soda di lantai selama semalam suntuk. Keesokan harinya, usap pasta baking soda dengan kain basah yang lembut. Seketika noda tersebut akan hilang dan tidak memudarkan warna atau motif lantai granit.

Sedangkan, cara menghilangkan noda pada lantai granit dengan sabun pencuci piring dilakukan dengan cara mencampurkan sabun pencuci piring dengan air hangat. Gunakan kain yang lembut untuk mengusapkan sabun pencuci piring ke lantai granit. Setelah itu, bersihkan sisa sabun pada lantai granit dengan kain lembut yang sudah direndam air bersih. Langkah terakhir membersihkan noda pada lantai granit adalah dengan mengusapkan kain mikrofiber untuk menyerap sisa air yang ada pada lantai granit. Sisa air tersebut harus dihilangkan sampai benar-benar kering karena bisa menyebabkan lantai granit menjadi pudar.

Gunakan Alat Pembersih yang Lembut
Lantai granit tidak bisa dibersihkan dengan sembarang alat pembersih. Alat pembersih lantai granit harus memiliki tekstur yang halus supaya tidak menggores lantai granit, seperti kain lembut atau tisu. Hindari membersihkan lantai granit dengan alat-alat yang bisa menyebabkan goresan pada lantai granit seperti handuk atau spons.

Poles Lantai Granit secara Rutin
Walau sudah dibersihkan dengan kain yang lembut, tidak menutup kemungkinan lantai granit akan tergores. Cara menghilangkan goresan pada granit yang paling ampuh adalah dengan memoles lantai granit secara rutin. Pemolesan lantai granit bertujuan untuk menghilangkan goresan dan noda yang susah dihilangkan dengan cairan pembersih lantai granit. Pemolesan lantai granit bisa dilakukan dengan memanfaatkan jasa pemoles lantai granit yang tersedia di setiap kota.

Selain itu, pemolesan lantai granit bisa dilakukan dengan bahan alami, yaitu baking soda. Baking soda tersebut dibuat menjadi pasta seperti yang biasa digunakan untuk membersihkan noda. Gunakan kuas halus untuk melumuri pasta baking soda ke seluruh lantai granit. Kemudian, diamkan pasta baking soda selama beberapa jam dan bilas lantai granit dengan air bersih. Setelah itu, keringkan lantai granit dengan kain lembut dan kering.

Selain membersihkan lantai granit secara rutin, lantai granit perlu dirawat dengan mengubah kebiasaan sehari-hari. Misalnya, menghindari meletakkan perabotan yang kasar atau tajam di atas lantai granit. Hal tersebut harus dilakukan untuk menjaga lantai granit agar terbebas dari goresan. Sebaiknya, letakkan papan, kain, atau tatakan yang permukaannya halus sebelum meletakkan perabotan yang kasar atau tajam di atas lantai granit. Selain itu, jangan gunakan vacuum cleaner saat membersihkan lantai karena roda dari mesin tersebut bisa menggores permukaan lantai granit. Jika ingin membersihkan lantai granit, gunakan sapu yang lembut, bukan sapu yang terbuat dari ijuk.
cara membersihkan lantai granit yang baru dipasang
foto:pabrikmarmer.com
Cara lain untuk menjaga kualitas dari lantai granit adalah dengan memasang keset di depan pintu atau sebelum mencapai lantai granit. Keset tersebut berfungsi untuk mengeringkan kaki dari cairan atau membersihkan kaki dari kotoran. Hal ini dikarenakan cairan dan kotoran bisa menyebabkan lantai granit kehilangan kilap atau warna. Biasakan pula penghuni rumah untuk tidak menginjak lantai granit dengan alas kaki yang kotor supaya lantai granit tidak cepat kusam.

Pemilihan cairan yang digunakan untuk membersihkan lantai granit juga perlu diperhatikan. Hindari membersihkan lantai granit dengan cairan pembersih lantai yang mengandung bahan kimia keras, seperti klorin, atau asam. Bahan kimia tersebut bisa memudarkan warna lantai granit dan bisa membuat lantai granit menjadi kusam. Pilihlah cairan pembersih lantai granit yang memiliki pH seimbang.
cara membersihkan lantai granit agar mengkilap
foto:angieslist.com
Selain itu, tidak kalah pentingnya membersihkan lantai granit yang baru saja dipasang. Pembersihan ini bertujuan untuk menghilangkan debu, kotoran, atau sisa semen yang menempel pada permukaan lantai granit. Sebaiknya, minta tukang yang memasang lantai granit untuk membersihkan kotoran dan sisa semen. Kemudian, pemilik rumah bisa membersihkannya lagi dengan cara membersihkan lantai granit yang sudah dijelaskan di atas. Cara untuk membersihkan serta merawat lantai granit yang sudah dipaparkan di atas harus diterapkan demi menciptakan lantai granit dengan warna dan motif yang cerah serta berkilau.

Post a Comment for "Cara Membersihkan Lantai Granit agar Tetap Mengkilap"