12 Hal Perlu Diperhatikan untuk Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik

Rumah yang baik perlu memiliki tata letak atau denah rumah yang baik pula. Penempatan suatu ruangan harus dipertimbangkan baik buruknya agar membuat nyaman penghuni rumah serta menyehatkan. Salah satunya adalah penempatan posisi dapur dan kamar mandi yang baik harus dipertimbangkan. Hal ini karena kedua ruangan tersebut sebagai sumber dari pembawa penyakit sehingga keberadaannya perlu ditata sedemikian rupa sehingga tidak mengancam kesehatan penghuni rumah. Dapur menjadi ruangan yang amat penting dan harus diperhatikan tata letaknya. Adanya dapur yang diletakan dengan penempatan yang baik akan mendatangkan manfaat baik pula, begitu juga sebaliknya.
Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik
foto : desainrumahterbaru.me
Selain dapur yang perlu diperhatikan untuk tata letaknya, kamar mandi juga menjadi ruang yang sama pentingnya untuk diperhatikan posisinya. Terkadang letak dapur dan kamar mandi bersebelahan atau bahkan ada yang dibuat berhadapan. Posisi ini merupakan posisi yang kurang ideal untuk peletakan dapur dan kamar mandi. Hal ini dikarenakan kedua ruangan ini sama-sama bisa menjadi sarang penyakit. Banyak bibit penyakit yang tinggal atau dihasilkan dari aktifitas dapur maupun kamar mandi. Selain itu, apabila dapur dan kamar mandi jarang dibersihkan maka rumah bukan lagi menjadi tempat aman dan nyaman bagi penghuninya. Kondisi tersebut bisa saja terjadi pada orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga jarang melakukan pembersihan untuk kebersihan dapur dan kamar mandinya.

Saat ini banyak bermunculan perumahan-perumahan modern dengan tata letak yang disesuaikan dengan kondisi lahannya. Pemanfaatan lahan yang sedemikian rupa sehingga menjadi rumah yang cukup elegan menjadi banyak diminati oleh kebanyakan orang. Selain karena lebih efisien waktu dibanding harus membangun rumah dari awal, memilih perumahan juga karena desain yang cukup sederhana. Namun, kebanyakan dari perumahan memiliki desain dapur dan kamar mandi jadi satu. Hal ini karena pemanfaatan lahan yang terbatas membuat penghuninya tidak bisa menata letak dapur dan kamar mandi dengan baik. Posisi ini menjadi kurang baik dan akan membahayakan bagi penghuni rumahnya. Cara mengatasi hal tersebut tidaklah mungkin jika harus merombak posisi secara keseluruhan. Sehingga diperlukan cara yang cukup efektif untuk bisa mengatasi posisi dapur dan kamar mandi jadi satu.

Ada beberapa cara mengatasi desain dapur dan kamar mandi jadi satu atau bahkan berhadapan karena lahan yang terbatas, yaitu antara lain :

1.    Pintu kamar mandi harus selalu tertutup setelah digunakan. Hal ini penting untuk dilakukan karena aroma atau bau dari kamar mandi ketika bercampur dengan bau dapur akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Sehingga bisa mengganggu kenyamanan bagi penghuni rumah.
2.    Menjaga kebersihan dapur dan kamar mandi. Penting untuk selalu menjaga kebersihan dapur dan kamar mandi. Secara rutin dapur dan kamar mandi harus dibersihkan. Sebaiknya dibersihkan setiap kali selesai dipakai. Hal ini agar tidak menjadi sarang penyakit dan membuat nyaman untuk para penghuni rumahnya.
3.    Memberi perbedaan antara dapur dan kamar mandi. Cara ini perlu dilakukan pada rumah dengan desain dapur menyatu dengan kamar mandi. Dengan cara tersebut maka ada pemisahan suasana yang menghasilkan energi berbeda. Pemberian perbedaan ini bisa dilakukan dengan memberikan tirai bambu atau menutup kaca jika pintu menggunakan elemen kaca. Selain itu bisa juga dengan memberikan aksesoris atau dekorasi tertentu pada masing-masing ruang baik dapur maupun kamar mandi.

Cara sederhana tersebut perlu dilakukan agar bisa memberikan suasana nyaman dan aman bagi penghuni rumah. Dapur dan kamar mandi memang dua ruang yang sangat penting fungsinya, sehingga sering dibuatkan berdampingan. Meskipun, kebanyakan rumah membuat model desain dapur dekat kamar mandi bukan berarti itu merupakan posisi terbaik. Namun, tetap bisa diatasi dengan mengikuti cara tersebut di atas. Selain mengatasi kondisi dapur yang letaknya dekat dengan kamar mandi, maka perlu juga untuk memperhatikan posisi dapur yang tepat dan baik, yaitu :

1.    Dapur tidak diletakan di titik tengah rumah. Hal ini sudah pasti dipertimbangkan karena daur tidak seharusnya diletakan di tengah rumah. Melihat fungsi dapur sebagai tempat memasak, maka akan sangat tidak mungkin jika dapur harus diletakan di titik tengah rumah.
2.    Kompor jangan di letakan di bawah balok beton.
3.    Pintu dapur jangan dihadapkan dengan toilet atau kamar mandi. Hal ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan, agar bisa terhindar dari berbagai bibit penyakit.
4.    Dapur hendaknya tidak diletakan di dekat kamar atau di atas kamar. Hal ini akan sangat mengganggu kenyamanan dan mempengaruhi keadaan emosi menjadi tidak stabil.
5.    Lantai dapur hendaknya dibuat sejajar dengan ruang makan untuk lebih memudahkan dalam proses penyajian atau menunjang proses produksi menjadi lebih nyaman.
6.    Dapur juga perlu memiliki ventilasi yang baik agar sirkulasi udara bisa terjaga dan terjadi pergantian supaya tetap menjaga kenyamanan dapur. Hindari memiliki dapur yang tidak cukup penerangannya, supaya tidak terlihat sumpek.
7.    Sebaiknya dapur jangan diletakan pada bagian utara dari rumah. Sebelah utara dinilai menurut arah mata angin, mengandung unsur air. Sehingga cocok untuk dijadikan kamar mandi.
8.    Kompor dapur harus bisa berfungsi sebagaimana mestinya agar bisa memperlancar dalam aktifitas di kamar mandi. Selain itu, kompor yang berfungsi dengan baik akan terjaga dengan baik perawatannya.
9.    Dapur sebaiknya jangan diposisikan di dekat tangga, karena setiap kali injakan kaki di tangga akan menghasilkan debu yang bisa menyebar ke dalam makanan. Sehingga peletakan dapur tidak disarankan di bawah tangga atau berdekatan dengan tangga.

Dapur dan kamar mandi menjadi hal yang memang penting, keberadaannya yang cukup vital karena fungsinya. Dapur dan kamar mandi tentunya tidak perlu didesain sedemikian rupa sehingga diisi dengan bahan-bahan yang mewah. Saat ini telah banyak dibuat model dapur dan kamar mandi dengan menggunakan model sketsa dapur dan kamar mandi yang cukup elegan. Dapur dan kamar mandi cukup sederhana saja, karena yang penting adalah seberapa sering dilakukan perawatan dengan baik. Perawatan ini dilakukan agar segala peralatan yang ada di dapur maupun ada di kamar mandi bisa lebih tahan lama. Sedangkan yang paling utama dalam perawatan rutin untuk menghindari dari berbagai ancaman penyakit baik yang berasal dari dapur maupun yang berasal dari kamar mandi.

Dalam membangun rumah hendaknya dengan gambar dapur dan kamar mandi sederhana tetapi sesuai dengan kaidah kesehatan dan memperhatikan hal-hal yang penting lainnya. Dapur dan kamar mandi menjadi bagian penting yang harus diperhatikan sehingga posisi dapur dan kamar mandi yang baik bisa tercapai. Walaupun hanya terbatas lahan, penataannya perlu diposisikan dengan baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelumnya sudah dijelaskan sehingga bisa membantu Anda dalam penataan denah rumah agar menjadi hunian yang nyaman dan sehat.

Post a Comment for "12 Hal Perlu Diperhatikan untuk Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik"