Cara Mengusir Lalat Secara Alami yang Paling Ampuh

Lalat merupakan jenis serangga yang termasuk dalam golongan Diptera. Hal ini berarti serangga yang mempunyai dua sayap. Lalat merupakan hewan yang masih satu jenis dengan ngengat, nyamuk, dan agas. Meskipun nampaknya tidak begitu mengganggu, namun hewan ini mempunyai hobi terbang dan hinggap di makanan, termasuk makanan Anda. Karena itulah hewan yang dihinggapi lalat bisa tercemar jika lalat sebelumnya hinggap di sampah ataupun kotoran. Dalam proses kembang biaknya, lalat suka menghinggapi makanan atau sisa makanan di atas meja. Jika makanan sudah dihinggapi lalat maka ada kemungkinan bahwa makanan tersebut sudah tercemar. Makanan yang dihinggapi dapat menimbulkan penyakit. Kotoran dan kuman yang dibawa lalat yang merupakan penyebab makanan menjadi tercemar. Anda bisa mengalami masalah pencernaan atau maag. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan berbagai cara mengusir lalat secara alami. Simak ulasannya di bawah ini.
Cara Mengusir Lalat Secara Alami
foto : animal-go.blogspot.co.id

Cara Mengusir Lalat dan Nyamuk

1. Daun pandan

Daun pandan merupakan salah satu dari cara mengusir lalat di rumah. Bahkan daun pandan juga bisa digunakan untuk mengusir semut. Daun yang beraroma harum ini tidak akan mencemari makanan Anda. Bagaimana cara mengusir lalat dengan daun pandan? Iris daun pandan kecil-kecil, kemudian letakakkan di piring atau mangkok. Selanjutnya, tempatkan wadah yang sudah diisi daun pandan ini di tempat yang sering dihinggapi lalat yaitu di meja makan. Lalat akan menghindari tempat tersebut karean tidak suka aroma dari daun pandan.

2. Cuka apel
Cara mengusir lalat dari rumah selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka apel sebagai jebakan. Lalat adalah hewan yang gampang dijebak. Anda bisa menggunakan cuka apel sebagai jebakan untuk lalat karena cuka apel mempunyai aroma yang dapat menarik perhatian lalat. Pertama, gunakan botol air mineral bekas lalu gunting bagian tengahnya. Selanjutnya, isi botol hingga separuh dengan cuka apel. Kemudian, buat tutup untuk botolnya yang terbuat dari kertas. Lubangi kertas dengan ukuran yang cukup untuk bisa dimasuki oleh lalat. Letakkan botol beriis cuka apel sebagai cara mengusir lalat buah di tempat yang banyak makanan atau banyak lalatnya. Tak lama kemudian, lalat akan masuk ke dalam botol. Karena lalat bukanlah hewan yang cukup pintar, maka dia akan kesulitan untuk menemukan jalan keluar. Jadi, lalat akan terjebak di dalam botol dan akan mati perlahan-lahan karena terendam cuka apel.

3. Lilin
Cara yang satu ini merupakan cara mengusir lalat dari warung. Pasti Anda pernah melihat ada lilin yang dinyalakan di warung atau tempat makan pada siang hari? Nah, lilin ini bukan berfungsi sebagai penerangan, namun untuk mengusir lalat yang beterbangan di sekitar makanan. Hawa panas yang dikelarkan dari api pada lilin yang dinyalakan akan membuat lalat tidak berani untuk datang di sekitarnya. Itulah alasan mengapa banyak tempat makan yang menyalaka lilin di dekat makanan. Namun gunakan lilin dengan hati-hati agar tidak terjadi kebakaran.

4. Tanaman pengusir serangga
Cara mengusir lalat di kandang ayam adalah dengan menggunakan tanaman pengusir serangga. Obat pembasmi lalat kandang adalah tomat, lavender, kantung semar, dan pennyporal. Keempat tanaman tersebut mampu mengusir lalat. Cukup letakan tanaman-tanaman tersebut di dekat pintu masuk kandang ayam sehingga lalat tidak berani masuk ke kandang. Anda juga bisa menggunakan tanaman ini untuk di rumah Anda. cukup ambil beberapa tangkai bunga lavender dan letakkan di tempat yang banyak lalatnya.

5. Plastik berisi air
Plastik berisi air adalah alat pengusir lalat sederhana dan cukup tradisional. Anda hanya perlu mengisi kantong bening dengan air. Kemudian, letakkan kantong tersebut di bawah lampu yang ada di ruangan Anda. Air di dalam plastik dapat membiaskan cahay lampu sehingga dapat mmebuta penglihatan lalat kacau. Saat penglihatannya sudah kacau, maka lalat akan merasa kebingungan dan segera mencari cara untuk meninggalkan tempat itu.

6. Cengkeh
Ingin membuat obat pembasmi lalat alami? Gunakan saja cengkeh. Cengkeh mempunyai aroma yang sangat pekat sehingga bisa Anda gunakan sebagai racun untuk lalat. Cara membuat racun lalat sendiri dengan cengkeh adalah dengan merendam biji cengkeh ke dalam wadah berisi air. Lalu, letakkan wadah tersebut di tempat yang seirng dihiniggapi lalat. Aroma cengkeh yang pekat sangat tidak disukai oleh lalat. Selain itu, Anda bisa menggunakan kombinasi cengkeh dan apel. Kupas buah apel yang sudah matang dan tempelkan bunga cengkeh ke buah apel. Letakkan apel yang sudah ditempeli dengancengkeh di tempat yang banyak lalatnya seperti meja makan. Dijamin dengan cara ini, lalat tidak akan berani datang ke meja makan Anda.

7. Lemon atau jeruk nipis
Anda bisa menggunakan lemon dan jeruk nipis sebagai obat lalat semprot. Kedua buah ini mempunyai aroma yang harum dan menyegarkan. Namun aroma tersebut justru dibenci oleh lalat. Gunakan kedua bahan ini sebagai racun lalat organik. Peras lemon dan jeruk nipis, lalu masukan air perasan tersebut ke dalam botol semprot. Selanjutnya, semprotkan air perasan tersebut ke ruangan yang sering dihinggapi lalat. Anda juga bisa melekatkan lemon dan jeruk nipis di dekat makanan. Aroma yang kuat dari kedua buah ini akan membuat lalat ogah untuk mampir ke makanan Anda.

8. Pasang kasa nyamuk atau tirai
Cara ini bukanlag untuk mengusir lalat, namun cara untuk mencegah lalat berkeliaran di dalam rumah Anda. memasanga kasa nyamuk atau tirai adalah solusi yang ampuh untuk mengurangi populasi lalat di rumah. Selain itu, jangan membuka pintu dan jendela begitu saja jika tidak ingin lalat keluar masuk ke rumah Anda denagn mudah. Anda pun bisa juga menggunakan pengharum ruangan yang beraroma buah citrus seperti jeruk, jeruk nipis, dan lemon sebagai racun lalat top killer karena aroma yang harum dari ketiga buah tersebut dibenci oleh lalat. Gunakan pula tudung saji untuk melindungi makanan yang ada di meja makan agar tidak dihinggapi lalat. Jangan lupa untuk membersihkan sampah di dalam dan sekitar rumah.

9. Campuran susu dan lada
Cara membua obat pembasmi lalat selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran susu dan lada. Susu adalah jenis minuman yang dapat menarik perhatian lalat. Karena itulah saat Anda membuat susu, jangan heran jika tak lama kemudian susu Anda akan dihinggapi lalat. Susu merupakan alat untuk mengusir lalat yang cukup praktis. Rebuslah susu di dalam pasir dan tambahkan gula pasir dan lada bubuk secukupnya. Rebus selama lima sampai sepuluh menit. Tuangkan susu ke dalam gelas atau mangkuk dan letakkan di atas meja makan. Lalat akan tertarik pada aroma susu. Saat sudah hinggap ke susu, maka lalat akan mati karena meminum susu yang sudah dicampur dengan lada bubuk.

Demikian 9 cara mengusir lalat secara alami. Semoga berhasil mengusir lalat!

Post a Comment for "Cara Mengusir Lalat Secara Alami yang Paling Ampuh"