5 Cara Membuat Taman Depan Rumah yang Minimalis

Setiap rumah pasti memiliki sisa lahan yang masih kosong. Lahan kosong tersebut jangan sampai dibiarkan tidak terurus. Lebih baik lahan kosong tersebut dimanfaatkan sebagai taman. Ada banyak cara membuat taman depan rumah yang bisa dicoba sendiri. Namun, sebelum mencoba membuat taman di depan rumah. Ada baiknya mengetahui manfaat memiliki taman di depan rumah.

Taman yang ada di depan rumah merupakan unsur penjaga keseimbangan. Hal ini dikarenakan taman minimalis depan rumah type 36 diisi oleh tanaman hidup yang menjaga keseimbangan bangunan rumah yang terdiri dari semen dan batu bata. Keseimbangan merupakan unsur penting yang harus diperhatikan supaya rumah memberikan situasi yang nyaman untuk ditinggali.

Tanaman hidup yang menghuni taman minimalis dalam rumah memiliki kontribusi yang penting dalam membantu pertukaran udara di dalam rumah, terutama rumah yang ada di lingkungan perkotaan atau lingkungan dengan tingkat polusi udara yang tinggi. Taman minimalis belakang rumah bisa menjadi sumber udara yang bersih dan segar kepada seluruh penghuni rumah sekaligus menjaga keutuhan ekosistem.
Cara Membuat Taman Depan Rumah
foto : artificialgrassliquidators.com
Taman depan rumah sederhana yang luas bisa dijadikan tempat menghabiskan waktu bersama anggota keluarga atau tempat bermain anak-anak. Sehingga, komunikasi antara anggota keluarga semakin terjalin dengan kuat dan anak-anak bisa diawasi dengan mudah. Selain itu, kehadiran taman di rumah akan menjadi tempat untuk melepas lelah dan stres karena beban pekerjaan yang baru. Penghuni rumah bisa melepas penat dengan berkebun, menyiram tanaman, atau memandang keindahan tanaman yang ada di taman.

Taman yang ada di rumah memiliki manfaat yang luar biasa bagi lingkungan maupun penghuni rumah. Oleh karena itu, jangan sia-siakan lahan kosong yang ada di depan, belakang, atau samping rumah. Ubah saja lahan kosong tersebut menjadi taman minimalis yang cantik. Di bawah ini akan dipaparkan cara membuat taman minimalis di lahan sempit yang bisa dipraktekkan sendiri.

1.    Rancang Desain Taman yang Sesuai dengan Gaya Rumah
Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menata taman depan rumah adalah merancang desain taman tersebut. Namun, desain taman minimalis di lahan sempit tidak bisa dirancang secara asal. Desain taman di rumah harus disesuaikan dengan gaya atau konsep dari rumah. Hal ini bertujuan supaya taman di rumah menciptakan visual atau tatanan yang harmonis bagi rumah.

Misalnya, rumah dengan desain minimalis atau dinding dengan warna cat yang soft bisa merancang taman yang diisi dengan bunga berwarna ungu atau merah dan dipadukan dengan tanaman berdaun hijau tua. Sedangkan, rumah dengan desain yang klasik bisa merancang taman dengan bunga berwarna merah muda atau kuning yang dipadu dengan tanaman atau rumput berwarna hijau muda.

Perlu diketahui ada dua desain taman yang bisa dirancang di rumah, yaitu taman vertikal dan taman horizontal. Taman vertikal merupakan taman yang ada di rumah dengan lahan yang sempit atau taman yang sama sekali tidak memiliki lahan kosong. Taman vertikal bisa ditata dengan menyusun papan kayu untuk meletakkan  pot bunga. Atau, pot bunga bisa digantung secara zig-zag di dinding rumah. Sedangkan, taman horizontal bisa dibuat dengan menanam tanaman langsung di tanah atau pada pot-pot besar.

2.    Pilih Jenis Tanaman yang Diinginkan
Cara menata halaman rumah agar terlihat indah yang selanjutnya adalah memilih jenis tanaman yang akan tanaman. Tanaman yang mengisi taman di depan rumah harus sesuai dengan gaya rumah supaya menghasilkan visual yang harmonis. Tanaman tersebut harus sesuai dengan iklim di lingkungan tempat tinggal sehingga tanaman tersebut bisa tumbuh dengan subur dan mempercantik taman. Selain itu, tampilan taman di rumah bisa ditingkatkan dengan menambahkan patung atau lampu taman.

Ada banyak tanaman yang bisa dipilih untuk mengisi taman minimalis di depan rumah. Salah satunya pohon kamboja atau dikenal dengan nama plumeria. Pohon yang satu ini bisa tumbuh subur di lingkungan yang panas. Perawatan pohon kamboja juga mudah karena tidak membutuhkan banyak pengairan. Pohon kamboja hadir dalam berbagai macam warna yang bisa mempercantik tampilan taman. Selain itu, pohon kamboja memiliki bunga dengan wangi yang semerbak. Bunga kamboja bisa dimanfaatkan sebagai ekstrak parfum atau wangi untuk spa.

Tanam aloe vera atau lidah buaya juga direkomendasikan untuk mengisi taman minimalis di rumah. Lidah buaya yang berwarna hijau bisa menciptakan suasana yang segar di taman. Lidah buaya bisa ditanam di pot yang berukuran kecil dan disusun mengelilingi taman. Lidah buaya merupakan tanaman yang tidak membutuhkan perawatan ekstra karena penyiraman tanaman cukup dilakukan dua minggu sekali. Selain itu, lidah buaya memiliki banyak manfaat seperti melebatkan rambut, melembabkan kulit, meredakan demam, hingga dijadikan es lidah buaya.

Jika menginginkan kehadiran pohon di taman yang minimalis, maka pohon sikas adalah pilihan yang tepat. Pohon sikas sering disebut dengan nama pakis haji. Pohon ini memiliki daun yang bentuknya seperti bulu dan tumbuh mencuat ke arah luar batang. Pohon sikas memiliki siklus pertumbuhan yang lamban sehingga tidak perlu sering dipangkas. Selain itu, pohon sikas sangat cocok untuk taman di negara beriklim tropis.

3.    Tanam Tanaman dengan Aneka Warna
Cara menata bunga di depan rumah supaya mempercantik tampilan tanam adalah dengan menanamkan tanaman dengan aneka warna. Setidaknya, taman tanaman dengan tiga warna yang berbeda supaya taman menjadi lebih berwarna. Tampilan taman yang lebih berwarna bisa mempengaruhi suasana hati penghuni rumah atau orang-orang yang melihat taman tersebut. Pilihlah tanaman dengan warna-warna yang soft untuk menciptakan taman dengan atmosfer yang hangat dan nyaman. Atau, pilihlah tanaman dengan warna yang dingin untuk menciptakan taman yang terlihat luas.

4.    Tata Taman seperti Taman Kota
Biasanya taman yang ada di rumah ditata dengan pola yang simetris dan geometris. Namun, tidak ada salahnya berinovasi dengan menata taman yang ada di rumah menyerupai taman kota. Tanaman yang ada di tata disusun sedemikian rupa supaya menciptakan ruang untuk berjalan. Tanaman yang ada di taman juga didominasi oleh warna hijau supaya menciptakan kesan segar layaknya hutan. Taman di rumah yang didesain seperti taman kota bisa dirancang di rumah yang memiliki jarak lebar antar teras dan pintu gerbang rumah.

5.    Susun Pot di Teras Rumah
Tidak perlu khawatir jika tidak memiliki halaman depan yang luas. Taman di depan rumah bisa terwujud dengan memanfaatkan teras rumah. Cara menata bunga di teras rumah adalah dengan menanam tanaman di dalam pot. Kemudian, susun pot tersebut menyerupai taman di depan rumah. Pot tersebut bisa dibuat dengan cara membuat cekungan di teras rumah. Lantas, cekungan tersebut diisi dengan tanaman.

Seperti itulah lima cara membuat taman depan rumah yang minimalis. Taman minimalis yang ada di rumah merupakan langkah kecil yang penting untuk menjaga lingkungan agar tetap asri dan meningkatkan suplai udara bersih.

Post a Comment for "5 Cara Membuat Taman Depan Rumah yang Minimalis"