Desain Kamar Sederhana Tapi Menarik Untuk Rumah Minimalis

Kamar yang terlalu sempit bisa jadi masalah bagi sebagian orang. Apalagi bagi orang-orang yang lebih merasa nyaman untuk berada di dalam kamar yang luas. Tujuannya tentu agar kita bisa bernafas lega serta meletakkan semua barang yang dibutuhkan dalam kamar. Namun, tidak semua orang beruntung untuk tinggal di dalam kamar yang ukurannya besar serta luas. Terutama bagi mereka yang memiliki rumah minimalis sehingga sudah pasti ukuran kamarnya akan terbatas. Namun, tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ada desain kamar sederhana tapi menarik. Kita bisa menyiasati kamar yang ukurannya mungil agar tetap nyaman, cantik dan pastinya fungsional.
Desain Kamar Sederhana Tapi Menarik
foto : sooaxer.org
Seringkali orang-orang akan berpikir bahwa ukuran kamar yang sempit akan menghalangi kita untuk memaksimalkannya. Padahal, berbekal penataan kamar tidur sederhana, ukuran kamar yang mungil ini akan bisa diatasi. Kamar tidur nyaman tidak harus memiliki ukuran yang besar. Memang kamar yang luas akan dapat memudahkan kita dalam menaruh barang-barang, akan tetapi bkan berarti kamar yang ukurannya lebih kecil tidak bisa dimodifikasi untuk jadi senyaman kamar yang ukurannya besar. Berikut ini akan dibahas beberapa kesalahan dalam menata kamar berukuran mungil serta tips-tips yang bisa kita terapkan dalam mengatur ulang kamar pribadi kita.
desain kamar tidur sederhana ukuran 3x3
foto:karyaminimalis.com
Kesalahan Pengaturan Kamar Tidur Sederhana

Seringkali kita tidak memedulikan tata ruang kamar tidur minimalis sehingga bukannya tampak nyaman, ruang pribadi di dalam rumah ini justru menjadi semakin sumpek, sempit serta membosankan. Berikut adalah beberapa kesalahan yang umum ditemukan pada penataan kamar tidur berukuran kecil.

1. Pertama adalah pembelian perabot. Hindari pembelian perabot satu set untuk kamar tidur minimalis. Satu set tempat tidur, lemari, serta sofa akan membentuk keseragaman dan membuat kamar menjadi membosankan alih-alih menciptakan kesan keseragaman. Daripada harus membeli perabotan set, luangkanlah waktu dalam melihat-lihat ataupun mencari perabotan yang disukai. Kamar tidur ialah ruang di mana kita akan menghabiskan banyak waktu, sehingga akan lebih baik apabila diisi perabotan yang memang benar-benar kita suka.

2. Kedua, jangan terlalu banyak memajang bantal. Ini adalah kesalahan besar karena akan membuat kamar tampak berantakan serta terlalu banyak pekerjaan yang harus kita lakukan dua kali dalam sehari, yaitu memindahkan serta memajang kembali bantal-bantal tersebut.

3. Kesalahan berikutnya dalam menata kamar tidur sederhana ialah kurangnya pencahayaan dalam kamar tersebut. Kamar memang adalah tempat beristirahat, namun ada kalanya kita akan mengerjakan aktivitas yang membutuhkan pencahayaan cukup, misalnya membaca sebelum tidur. Setidaknya, harus ada dua sumber cahaya dalam kamar. Kita bisa meletakkannya di bagian samping kanan dan kiri dari tempat tidur. Tambahkan juga lampu-lampu yang penting secara estetika. Jika kita sudah berkeluarga, tak ada salahnya untuk berinvestasi pada lampu baca. Ketika pasangan sudah tertidur, kita masih bisa membaca secara nyaman.

4. Kesalahan lain yang kerap dilakukan pada kamar minimalis adalah sembarangan dalam membeli tempat tidur. Tempat tidur atau kasur memang mahal, akan tetapi, cobalah untuk menghitung berapa kali sepanjang usia kita membeli kasur. Kasur dengan kualitas premium tentu akan memiliki harga yang tinggi. Akan tetapi, jika kasur hanya akan dibeli sekali dalam kurun waktu puluhan tahun, kenapa harus mengorbankan kenyamanan serta kesehatan kita? Ingat bahwa kasur adalah investasi. Tidak hanya untuk kesehatan namun juga tampilan kamar tidur.

5. Kesalahan berikutnya dalam penataan kamar tidur minimalis ialah pemilihan warna cat kamar tidur ukuran kecil. Pemakaian warna yang mencolok justru akan jadi bumerang buat diri sendiri. Tanyakan pada diri sendiri sebelum melakukan eksperimen pada aneka warna cat yang terbilang berani serta mencolok, apakah kita dapat beristirahat secara nyaman dalam kamar yang berwarna neon? Warna mencolok mungkin akan tampil cantik namun hanya dalam jumlah terbatas. Penggunaan warna mencolok yang dominan justru tida akan sebaik konsepnya.

6. Berikutnya, perhatikan juga dekorasi kamar tidur ukuran kecil. Pemajangan karya seni yang ukurannya janggal atau terlalu besar akan membuat kamar menjadi semakin sempit.

7. Terakhir, hindari memasukkan semua barang elektronik dalam kamar seperti televisi, konsol game, komputer, dan lain-lain. Walau mungkin kita membutuhkannya, namun meletakkan semuanya dalam kamar akan membuat ruang pribadi terasa begitu sempit.
desain kamar tidur sederhana dan murah
foto:designkamartidur.co

Jika di antara beberapa daftar kesalahan penataan kamar tidur sederhana nyaman di atas kita lakukan, maka kita perlu melakukan perbaikan. Berikut adalah beberapa tips dalam menata kamar tidur sederhana agar menjadi semakin nyaman.

1. Mulailah penataan kamar tidur sempit dengan investasi pada furniture. Hal ini terutama akan penting apabila ruangan tidak cukup bagi kita untuk membeli banyak furniture sekaligus. Berinvestasilah pada satu atau dua saja furniture yang fungsional. Misalnya, tempat tidur yang dilengkapi laci pada bagian bawahnya sehingga akan dapat difungsikan sebagai tempat menaruh pakaian serta barang-barang lain. Dengan begini, kita tidak akan membutuhkan lemari pakaian lagi.

2. Kedua, perhatikan pemilihan warna cat untuk kamar tidur sempit. Pilih warna cerah atau warna pastel yang dapat memberi kesan kamar tampak lebih luas. Hindari pemilihan warna gelap atau warna-warna neon yang dominan.

3. Berikutnya, tata kamar tidur secara vertikal. Usahakan untuk menyisakan banyak ruang kosong di lantai agar ruangan tampak lebih lega. Apabila tidak tersedia cukup ruang di lantai guna meletakkan perabotan, maka gunakan dinding dengan cara ditata secara vertikal. Ruangan kecil juga dapat kita hias menggunakan aneka aksesori yang digantung pada dinding, termasuk di antaranya adalah rak-rak kecil, keranjang, lampu, tanaman hias dan lain-lain. Penataan secara vertikal ini akan dapat menghemat ruangan.

4. Kita juga bisa menambahkan dekorasi kamar dengan foto, akan tetapi pilih foto yang ukurannya kecil dan bukan foto berukuran besar yang akan memenuhi keseluruhan dinding. Selain menggunakan foto, kita juga bisa menambahkan dekorasi berupa tanaman hidup. Elemen alami seperti tanaman hidup ini akan memberi efek menenangkan pada ruangan. Elemen hijau juga bisa membangkitkan rasa positif serta memberi relaksasi. Pilih tanaman hijau yang ukurannya kecil seperti kaktus atau bonsai mini. Kita bisa menempatkannya pada pojok ruangan ataupun di dekat jendela.

5. Terakhir, kita bisa menerapkan efek ilusi lewat pemilihan warna cat tembok untuk kamar tidur ukuran kecil serta penempatan cermin untuk pencahayaan. Efek ilusi akan memberikan kesan ruangan yang tampak lebih besar. Termasuk di antaranya adalah melalui pemilihan furniture pendek serta horizontal agar langit-langit kamar dapat tampak lebih tinggi. Pasang juga tirai yang lebih tinggi dibanding bingkai jendela agar memunculkan efek ruangan yang tampak lebih tinggi.
desain kamar yang kreatif dan unik
foto:gebeet.com
Demikian adalah beberapa tips menata kamar sempit yang dapat kita terapkan. Kita juga bisa memilih wallpaper kamar tidur sempit yang sesuai agar dapat dihasilkan kesan ruangan yang lebih lebar serta tinggi. Selain itu, pemakaian wallpaper juga akan membuat ruangan kamar tidur semakin cantik. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Post a Comment for "Desain Kamar Sederhana Tapi Menarik Untuk Rumah Minimalis"