Cara Memasang Kunci Pintu Aluminium dengan Mudah

Pintu adalah hal yang krusial saat membangun rumah. Keberadaan pintu membuat kita dapat dengan mudah keluar masuk sebuah ruangan dan membuat ruangan tetap terlindung. Keberadaan pintu juga memberikan rasa aman dan membatasi orang yang bisa mengakses ruangan tersebut. Fungsi pintu yang sangat beragam membuatnya di lengkapi dengan beberapa hal. Memang fungsi utama pintu adalah untuk membatasi akses masuk ke dalam sebuah ruangan. Tetapi, selain itu, pintu juga bersifat mengamankan. Untuk mencegah orang sembarangan keluar masuk ruangan atau untuk menjaga barang yang disimpan di ruangan tersebut, pintu dipasang dan beri aksesoris tambahan. Aksesoris tambahan tersebut adalah kunci pintu. Salah satu kunci pintu yang memiliki tingkat keamanan tinggi adalah kunci pintu aluminium. Walaupun cara memasang kunci pintu aluminium perlu presisi yang sangat baik. Namun, begitu terpasang, Anda akan mendapatkan pintu yang memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi.
Cara Memasang Kunci Pintu Aluminium
foto : kuncijayamakmurbaliwerti.com
Jenis Pintu yang Biasa Digunakan

Secara umum, pintu yang ada membatasi akses sebuah ruangan adalah dibagi menjadi dua. Adapun dua jenis pintu tersebut tentunya membutuhkan jenis kunci yang berbeda. Adapun 2 jenis pintu yang ada diantaranya adalah sebagai berikut.

1.    Pintu jenis swing atau pintu ayun
Pintu ayun adalah pintu yang paling sering kita jumpai. Pintu jenis ini dipasang menggunakan engsel pada penyangga pintu sehingga membuat pintu dapat berayun membuka dan menutup. Engsel yang digunakan sangat berpengaruh terhadap kemampuan pintu berayun. Ada engsel yang hanya memungkinkan pintu berayun dengan sudut maksimal 90 derajat. Ada juga engsel yang memungkinkan pintu berayun 180 derajat. Jenis kunci yang dapat digunakan untuk pintu jenis ini juga beragam. Anda dapat memasang dengan menyesuaikan gagang atau handle pintu yang digunakan atau bisa juga tidak. Adapun handle pintu yang banyak digunakan adalah handle pintu aluminium.

2.    Pintu jenis geser
Jenis pintu kedua yang biasa digunakan adalah jenis pint geser. Pintu geser ini dapat digunakan pada ruangan minimalis. Hal ini karena pintu geser tidak banyak makan tempat. Ruangan dapat dimaksimalkan untuk menempatkan perabot jika menggunakan jenis pintu geser. Ada banyak jenis pintu geser yang digunakan. Ada pintu geser gantung dengan rel yang tergantung di atas. Ada juga pintu geser yang menggunakan rel atas bawah. Jenis rel yang digunakan dapat terbuat dari aluminium, stainless steel, atau bahkan kayu. Jenis kunci yang dapat digunakan dalam pintu ini sangat beragam mulai dari kunci bentuk gembok sampai dengan kunci dengan teknologi modern.

Kunci pintu dan cara memasangnya

Bicara mengenai kunci pintu, ada beberapa jenis kunci pintu yang dapat dipilih sesuai dengan keperluan. Merek kunci pintu yang banyak digunakan diantaranya adalah kunci pintu merek Alpha dan merek Dekson. Kedua jenis kunci pintu ini memiliki banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan jenis serta ukuran pintu. Harga kunci pintu aluminium Alpha dan Dekson pun cukup terjangkau tergantung dari tingkat keamanannya. Semakin rumit dan kuat tentunya akan memiliki harga yang semakin mahal. Untuk pintu jenis swing atau pintu ayun, kunci pintu aluminium Dekson biasanya menjadi pilihan. Ragam harga kunci pintu swing, seperti tang sudah dibahas sebelumnya, sangat tergantung pada kualitas dan tingkat keamanannya.

Cara memasang kunci pintu aluminium biasanya sangat dipengaruhi dari jenis pintunya. Selain itu juga dipengaruhi oleh jenis handle pintu serta engsel yang digunakan. Harga handle pintu aluminium biasanya dipengaruhi oleh jenis kunci yang digunakan. Hal ini karena ada beberapa handle pintu yang desain nya menjadi satu dengan kuncinya. Harga handle pintu aluminium Dekson misalnya, akan dipengaruhi oleh jenis kunci Dekson mana yang digunakan. Berbeda dengan harga engsel pintu aluminium yang tidak dipengaruhi oleh kualitas kunci yang digunakan.

Bagi Anda yang sudah penasaran dengan bagaimana cara memasang kunci pada pintu Anda. Berikut adalah urutan yang dapat dengan mudah Anda ikuti.

1.    Tahap persiapan
Sebelum kita memulai memasang kunci pada pintu kita, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Benda pertama yang harus kita siapkan adalah kunci. Periksa kunci yang akan Anda gunakan. Tujuan dari memeriksa kunci adalah untuk mengetahui jenis kunci yang akan Anda gunakan tersebut. Hal ini sangat berpengaruh saat kita akan memasang kunci tersebut di pintu kita. Jika Anda tidak tahu spesifikasi nya, Anda bisa tanyakan dengan detail pada toko tempat Anda membeli kunci tersebut. Hal ini untuk menghindari kesalahan dalam pemasangan yang dapat menyebabkan kunci tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah penggunaan peralatan yang tepat.

2.    Posisi
Hal kedua yang perlu dilakukan adalah menentukan dimana kunci akan Anda pasang. Menentukan posisi yang tepat akan sangat berpengaruh pada kemudahan kita mengakses kunci pintu terutama jika kita sedang terburu-buru dan harus mengunci atau membuka kunci dengan cepat. Letak kunci biasanya diukur berdasarkan postur tubuh rata-rata kebanyakan orang. Kunci harus mudah dijangkau oleh tangan. Tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi. Ketinggian yang biasa digunakan adalah 90 sampai dengan 100 cm. Selain tingginya, posisi yang harus diperhitungkan adalah jarak yang memungkinkan pengait dapat mencapai lubang yang ada pada kusen pintu. Setelah menemukan jarak yang pas, Anda tinggal memberi tanda pada pintu dan pada kusen untuk memudahkan kita dalam membuat lubang.

3.    Membuat lubang

Untuk dapat memasang kunci, kita harus melubangi pintu dan kusen sesuai dengan tAnda yang sudah kita buat. Proses pelubangan dapat menggunakan alat pahat kayu kecil ukuran 1 sampai dengan 2 inch. Buat lubang sesuai dengan tanda. Lakukan perlahan untuk meminimalisir kesalahan. Selain lubang kunci, kita tentunya perlu membuat lubang untuk kait kunci yang berada di kusen pintu.

4.    Memasang kunci
Saat lubang kunci sudah jadi, saatnya kita memasang lubang kunci sesuai dengan lubang yang sudah kita buat. Pasang dengan benar. Untuk memastikan apakah kunci terpasang dengan baik, Anda bisa mencoba membuka dan menutup kunci. Apakah kunci dapat mengait sempurna atau tidak. Jika sudah nyaman digunakan. Saatnya Anda memasang sekrup agar kunci dapat terpasang dengan permanen. Jika belum nyaman, Anda dapat melakukan pengikiran dan usaha lain agar kunci dapat mengait sempurna sebelum memasang sekrup.

Nah, itu tadi ulasan mengenai cara memasang kunci pintu aluminium yang dapat Anda lakukan. Cukup mudah bukan? Cara memasang kunci satu dengan yang lain mungkin akan memiliki perbedaan karena beberapa jenis kunci memiliki desain yang unik dan tidak biasa. Namun, secara garis besar, cara di atas dapat dijadikan sebagai cara memasang kunci pada pintu Anda. Semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Memasang Kunci Pintu Aluminium dengan Mudah"