Aneka Cara Membuka Kunci Pintu yang Terkunci

Pintu yang terkunci akan memberi rasa aman serta tenang pada pikiran, namun juga dapat mengganggu apabila kunci tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jika kita meninggalkan pintu dalam keadaan terkunci dan ternyata tidak membawa kuncinya, maka kita pasti akan panik dan langsung mencari cara membuka kunci pintu yang terkunci tersebut. Mungkin, salah satu cara yang langsung terlintas di kepala adalah dengan mendobrak pintu atau menghancurkan kunci. Kedua cara tersebut memang efektif, namun sebaiknya dijadikan alternatif terakhir apabila kita memang sudah tidak punya pilihan lain lagi. Ada beberapa metode yang bisa kita gunakan, hanya saja metode-metode di bawah ini membutuhkan banyak waktu dalam mempelajarinya.
Cara Membuka Kunci Pintu yang Terkunci
foto : wikihow.com
1. Gunakan Kunci Ketok
Cara membuka kunci pintu model lama yang pertama adalah dengan menggunakan kunci ketok. Teknik ini terbilang cepat serta sederhana dan pastinya berguna saat kita harus membuka membuka pintu yang sudah ditutup untuk waktu lama. Mengetok lubang kunci sendiri butuh latihan karena cara ini justru dapat merusak kunci pintu apabila sistem kunci pintu memiliki kualitas rendahan.

1.    Gunakan kunci ketok, yaitu kunci yang akan dapat langsung cocok dalam memasuki lubang kunci namun tidak akan dapat membuka kunci secara langsung layaknya kunci duplikat. Selama kunci tersebut cocok di lubangnya, maka kunci dapat berfungsi sebagai kunci ketok.
2.    Kebanyakan tukang kunci dengan reputasi baik takkan melayani pembuatan kunci palsu, namun kita tetap bisa menemukannya di internet. Dalam pembuatan kunci palsu sendiri, kita membutuhkan alat-alat pertukangan besi serta kesabaran.
3.    Cocokkan kunci ketok dalam lubang kunci hingga pin terakhir. Dorong kunci ketok hingga tersisa satu pin yang belum diangkat.
4.    Hantam lalu putar kunci ketok. Pakai palu karet kecil dalam menghantam kunci ketok lalu segera putar setelahnya.
5.    Cara membuka pintu rumah yang terkunci tanpa kunci cadangan ini akan berhasil apabila semua pin atas sudah diangkat menggunakan cara tersebut.
6.    Coba beberapa kali agar didapat momentum yang tepat dan kita berhasil melakukannya.

2. Gunakan Alat Pembobol Kunci
Cara membuka pintu rumah yang terkunci dari dalam selanjutnya adalah dengan menggunakan alat pembobol kunci. Keterampilan khusus ini butuh banyak latihan serta hanya akan diajarkan pada juru kunci berbakat. Penjualan alat khusus pembongkar kunci juga hanya terbatas pada orang-orang yang bisa dipercaya. Namun sedikit kreativitas akan dapat membantu kita dalam membuat alat yang serupa.

1.    Buat alat pembobol kunci sendiri menggunakan sepasang penjepit kertas. Akan tetapi untuk kunci yang lebih kokoh akan diperlukan gunting kawat, jepit serta tang. Yang penting, gunakan alat yang berbahan logam cukup keras sehingga dapat digunakan untuk mencungkil serta mengungkit.
2.    Pegas baja ialah bahan terbaik untuk digunakan karena bahan ini tidak akan mudah retak serta dapat dibuat menggunakan kikir. Cara membuka kunci pintu yang patah ini juga harus mempertimbangkan ketebalan pisau karena akan membatasi ukuran kunci yang akan dimasuki alat pembobol kunci nantinya.
3.    Alat pengungkit atau tension wrench akan dibuat dalam bentuk huruf L serta digunakan dalam memberi tekanan pada bagian bawah lubang kunci. Kita bisa membuatnya menggunakan kunci L kemudian mengikirnya hingga pipih.
4.    Pencungkil dibuat menggunakan kaki yang lebih pendek mirip huruf R kecil. Alat ini akan digunakan agar dapat menekan pin dalam rumah kunci sehingga nantinya kunci akan dapat diputar.
5.    Masukkan tension wrench dan tekan menuju bagian dasar kunci. Berikan tekanan konstan selama kita menggunakan pick atau pencungkil.
6.    Jika kita tidak bisa memastikan ke arah mana tension wrench ini seharusnya diputar, maka kita bisa memasukkannya ke dalam lubang kunci lalu putar ke salah satu arah.
7.    Tarik pick secara cepat dan dengarkan bunyi di dalam lubang kunci. Jika kita telah memutarnya ke arah yang benar, maka kita akan mendengar suara pin yang berjatuhan.
8.    Masukkan pencungkil di atas pengungkit. Gunakan ujung bagian bawah pick dalam mencari serta menekan pin ke atas sampai keluar dari dalam rumah kunci. Apabila semua kunci telah berhasil digerakkan, maka kunci akan terbuka.

3. Gunakan Kunci L di Pintu Interior
Cara membuka kunci pintu kayu selanjutnya adalah dengan menggunakan kunci L.  Kebanyakan pintu interior di zaman modern ini akan menggunakan gagang pintu dengan jenis khusus sehingga pintu akan bisa terbuka kembali apabila tidak sengaja terkunci. Apabila pintu interior di rumah kita memiliki gagang yang lubangnya bulat kecil di bagian tengah, maka ini adalah jenis kunci yang dimaksud.

1.    Cari dan belilah set kunci L. Kunci L tersedia di toko perkakas dengan bentuk kecil seperti huruf L. Materialnya adalah logam serta seringkali dijual dalam satu paket berisi seperangkat kunci L dengan lebar berbeda.
2.    Cara membuka kunci lemari yang hilang menggunakan kunci L ini adalah dengan mencocokkan ujung yang panjang dalam lubang di gagang pintu. Kita bisa mencoba satu ataupun dua ukuran berbeda dalam mencari ukuran tepat, namun umumnya kita akan dapat menemukan satu yang pas. Kita harus menggunakan ukuran yang tepat tanpa harus menebalkan atau mengikis kunci tersebut.
3.    Jika kita memasukkan kunci L dengan arah lurus lalu menggerakkannya maju mundur, maka akan kita rasakan alat tersebut menyentuh sesuatu.
4.    Putar kunci L agar bisa membuka pintu. Apabila kunci sudah pas di gagangnya, maka putar sedikit agar bisa membuka pintu. Lakukan secara pelan karena kita tidak perlu menggunakan banyak tenaga.

4. Gunakan Kartu Kredit
Cara membuka kunci lemari 808 berikutnya adalah dengan menggunakan kartu kredit    . Pintu dengan sistem yang sederhana bisa dibuka menggunakan kartu kredit. Trik ini mungkin tak lagi efektif di pintu modern, namun tetap akan berguna apabila kita hendak masuk ke dalam rumah yang pintunya memiliki model lama.

1.    Kartu yang telah dilaminasi akan dapat berfungsi dengan lebih baik. Gunakan kartu yang cukup lentur seperti kartu belanja yang sudah tidak digunakan lagi. Kartu yang digunakan untuk membuka pintu akan dapat rusak dalam prosesnya, sehingga tidak akan bisa berfungsi kembali.
2.    Cara buka pintu mobil tanpa kunci relatif tidak dapat menggunakan kartu kredit karena cara ini hanya akan berfungsi efektif untuk kunci rumah.
3.    Selipkan kartu kredit pada celah antara pintu dan kosen. Selipkan sisi panjang kartu di bagian yang mengunci pintu, tepat di atas posisi kunci saat memasuki kosen.
4.    Arahkan kartu ke bawah dan posisikan pada bagian belakang slot kunci. Pastikan posisi kartu tegak lurus dengan pintu.
5.    Pelan tapi pasti, tarik kartu ke arah kita sambil memutar gagang pintu. Jika cara membuka kunci pintu yang terkunci ini berhasil, maka kartu akan meluncur di celah sisi miring slot kunci dan lubang di kusen pintu, sehingga slot bisa didorong keluar dari kusen lalu tarik kartunya ke arah kita.

Post a Comment for "Aneka Cara Membuka Kunci Pintu yang Terkunci"