Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi dengan Bahan Alami

Kamar mandi adalah tempat paling mudah terserang jamur dan berkerak. Hal ini karena kamar mandi adalah ruangan yang paling sering kontak dengan air dan berbagai jenis sabun mulai dari sabun mandi, shampoo, pasta gigi, dan lainnya. Padahal, saat kita menggunakan kamar mandi, tentunya kita ingin menggunakan kamar mandi yang bersih bukan? Hal ini terutama karena tujuan kita menggunakan kamar mandi adalah untuk membersihkan diri. Jika kamar mandi kita tidak bersih, tentunya kita menjadi malas menggunakan kamar mandi tersebut bukan? Lalu, bagaimana ya cara membersihkan plak, kerak, dan kotoran membandel yang ada di dalam kamar mandi? Sebenarnya, ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk membasmi kerak dan kotoran yang membandel di kamar mandi. Adapun cara membersihkan lantai kamar mandi tersebut adalah sebagai berikut.

Garam untuk Lumut yang Membandel

Salah satu kotoran membandel yang muncul di lantai dan dinding kamar mandi adalah lumut. Walaupun dinding dan lantai kamar mandi sudah diberi pelapis keramik, namun, tetap saja lumut masih kerap tumbuh. Apalagi jika kamar mandi yang Anda miliki adalah jenis kamar mandi basah. Pasti lumut akan semakin mudah berkembang dan tumbuh dengan cepat di kamar mandi terutama di bagian bak penampungan air dan sudut-sudut kamat mandi yang sulit kering. Lumut adalah salah satu kotoran yang sangat cepat tumbuh walaupun kerap kali kita bersihkan. Ada banyak jenis lumut membandel yang kerap tumbuh. Kotoran jenis ini sering kali membuat lantai menjadi licin sehingga berbahaya bagi kita yang akan menggunakan kamar mandi tersebut. Lumut juga kerap kali membuat lantai dan dinding kamar mandi menjadi hitam. Nah, salah satu cara ampuh untuk membasmi kotoran tersebut adalah dengan garam. Cara membersihkan lantai kamar mandi yang hitam dengan bahan yang mudah kita temukan ini sudah dikenal ampuh membasmi lumut membandel.
Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi
foto: caratercepat.com
Memilih garam sebagai salah satu cara membersihkan keramik lantai adalah pilihan yang baik. Hal ini karena garam dapur adalah bahan yang aman sehingga tidak merusak dan tidak menyebabkan gatal saat kontak dengan kulit kita. Kita dapat leluasa membersihkan kamar mandi tanpa takut tangan gatal atau iritasi. Bagi Anda yang sudah penasaran dengan caranya, berikut ulasannya untuk Anda.

1.    Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengambil 3 sendok garam dapur dan melarutkannya dalam 2 liter air.
2.    Panaskan larutan tersebut sampai mendidih sehingga ragam benar-benar larut di dalam air.
3.    Kemudian, siramkan air garam di lantai kamar mandi dalam keadaan panas.
4.    Segera sikat lantai sampai dengan bersih. Untuk lumut membandel, Anda bisa menggunakan sikat yang lebih keras seperti sikat aluminium.
5.    Bilas lantai sampai bersih.
6.    Setelah pembilasan, siram lagi dengan larutan garam saat masih panas untuk menghambat pertumbuhan lumut kembali.

Dengan melakukan hal tersebut, lantai kamar mandi Anda dapat terhindar dari lumut dalam waktu yang relatif lama dengan bahan yang tidak berbahaya. Cara ini juga dapat menjadi alternatif membersihkan bak penampungan air mandi bagi Anda yang masih menggunakan kamar mandi basah modal tradisional.

Asam Cuka untuk Kerak di Lantai Keramik

Selain digunakan sebagai cuka makan, cuka juga dapat digunakan sebagai cara membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak. Cara membersihkan kamar mandi dengan sitrun atau cuka ini dapat menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin membuat kamar mandi Anda bersinar kembali dengan cepat. Kerak sendiri biasanya terbentuk saat kamar mandi lama tidak dipakai karena rumah tidak ditinggali dan sebagainya. Nah, sebagai pembersih kerak kamar mandi yang handal, cuka menjadi pilihan tepat bagi Anda. Caranya yang mudah adalah keunggulannya. Tidak perlu panjang lebar lagi, berikut cara membersihkan keramik kamar mandi yg membandel dengan bahan, untuk Anda.

1.    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengeluarkan semua barang yang ada di dalam kamar mandi sehingga kita lebih mudah membersihkan semua sudut kamar mandi.
2.    Hal kedua yang harus kita lakukan adalah mengencerkan cuka dengan melarutkan nya dalam air dengan perbandingan 1:1. Tambahkan sabun atau detergen sesuai dengan kebutuhan.
3.    Setelah larutan tercampur rata, tuangkan larutan tersebut pada lantai kamar mandi. Setelah semua sudut tersiram, saatnya kita menggosok lantai kamar mandi dengan menyeluruh. Anda bisa menggunakan sikat plastik ataupun sikat aluminium.
4.    Spesial untuk kerak yang membandel, tuang langsung cuka pada bagian yang berkerak tanpa diencerkan. Cuka akan memudahkan kerak membandel bersih dengan cepat.
5.    Bilas setelah selesai sampai semua cuka dan detergen hilang. Pastikan semua kerak terbilas sehingga lantai menjadi bersih. 
Nah, itu tadi cara membersihkan lantai kamar mandi dengan pembersih kerak kamar mandi yang ampuh dan aman. Anda bisa mencobanya kapan pun karena cuka dapat kita temukan dengan mudah.

Lemon untuk Karat pada Keran dan Pancuran

Nah, setelah mengetahui cara membersihkan keramik kamar mandi yang kusam karena kerak dan lumut, kini saatnya mengetahui cara membuat keran dan pancuran kembali bersinar dengan kekuatan lemon. Tidak perlu merk pembersih kamar mandi mahal untuk membersihkan kamar mandi dan membuat keran bersinar. Cukup dengan bahan-bahan sederhana yang kita temukan di sekitar kita, lantai dan keran dapat kembali bersinar. Nah, untuk membersihkan keran dan membuatnya kembali bersinar, lemon adalah juaranya. Bagaimana caranya? Cukup mudah. Anda hanya perlu menggosokkan jeruk lemon yang sudah dibelah kebagian keran yang ingin kita bersihkan. Gosokan perlahan sampai noda pada keran menghilang.

Bersihkan Secara Berkala

Merawat kamar mandi dan menjaganya tetap bersih memerlukan pembersihan yang berkesinambungan. Hal ini karena cepat atau lambat, kotoran dan lumut akan kembali lagi walaupun kamar mandi jarang digunakan sekalipun. Oleh karenanya, jangan hanya membersihkan kamar mandi saat kamar mandi sudah sangat kotor. Hal tersebut akan membuat Anda harus bekerja ekstra keras untuk membersihkannya. Anda juga akan membutuhkan waktu lama untuk membersihkan setiap sudut kamar mandi Anda. Agar Anda tidak kelelahan, Anda bisa melakukan pembersihan secara berkala. Misalnya satu minggu sekali atau satu bulan sekali sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan membuat Anda tidak terlalu lelah saat membersihkan kamar mandi. Anda juga harus membersihkan kamar mandi secara menyeluruh. Hal ini sangat penting dilakukan agar tidak ada kotoran menumpuk di tempat tertentu saja.

Nah, itu tadi ulasan mengenai cara membersihkan lantai kamar mandi dari kotoran dan kerak yang membandel dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak berbahaya. Anda dapat menggunakan bahan tersebut dengan leluasa dan dengan aman tanpa merusak kulit Anda. Jadi jangan ragu lagi untuk mencoba ketiga bahan di atas untuk membuat kamar mandi Anda menjadi bersih dan mengkilap lagi seperti sedia kala. Semoga berhasil! Salam!

Post a Comment for "Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi dengan Bahan Alami"